faq

Si-Informan Berdasi merupakan akronim dari Sistem Informasi Manajemen Diklat dan Pemberdayaan Koperasi. Sistem ini digagas oleh Elis Siti Aisah, SE., M.Ec. Dev yang merupakan Kepala Bidang Pendidikan Latihan dan Pemberdayaan Koperasi pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi. Sistem ini merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengelola dan menyederhanakan data kegiatan diklat koperasi di DKUKM Kabupaten Sukabumi. Sistem ini membantu dalam mengorganisir, melacak, dan mendokumentasikan berbagai aspek program diklat untuk anggota koperasi. Pada sistem ini juga, koperasi yang terdaftar dapat melihat jenis, jadwal dan kuota diklat yang akan dilaksanakan oleh DKUKM Kabupaten Sukabumi.

Fitur pada Si-Informan Berdasi secara garis besar meliputi:

  • Pendaftaran Akun oleh anggota koperasi
  • Cari Pelatihan (koperasi dapat melihat/mencari daftar diklat/bintek apa saja yang akan dilaksanakan)
  • Jadwal Pelatihan
  • Pendaftaran Pelatihan
  • Sertifikat Pelatihan
  • Riwayat Pelatihan

Si-Informan Berdasi menawarkan beberapa manfaat bagi koperasi, antara lain:

  • Pengelolaan diklat yang efisien: menyederhanakan proses pendaftaran sehingga dapat menghemat waktu.
  • Pengelolaan peserta yang lebih baik: memungkinkan pendaftaran peserta yang efisien, pelacakan kehadiran, dan pengelolaan riwayat diklat.
  • Pengambilan keputusan oleh peserta: melalui fitur cari pelatihan dan pendaftaran pelatihan, peserta dapat memilih sendiri pelatihan sesuai yang kebutuhan dan keinginan peserta.

Untuk membuat akun di Si-Informan Berdasi, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik login pada halaman utama Si-informan Berdasi
  2. Pilih opsi "Daftar" atau Login dengan Google
  3. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diminta, seperti nama lengkap, NIK KTP, nama koperasi, NIK Koperasi, nomor telepon, dan data lain yang relevan.
  4. Siapkan juga foto KTP dan foto diri untuk proses verifikasi
  5. Setelah mengisi formulir, kirimkan permintaan pendaftaran dengan mengklik ''Ya, kirim sekarang''
  6. Anda mungkin perlu menunggu persetujuan dari admin sistem sebelum akun Anda aktif.
  7. Jika akun anda sudah selesai diverifikasi oleh admin, maka anda akan bisa memilih dan mendaftar pelatihan.

Jika Anda lupa kata sandi akun Sistem Informasi Manajemen Diklat, terdapat opsi "Lupa kata sandi" di halaman log-in sistem. Anda dapat mengklik opsi tersebut dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

Jika Anda mengalami masalah teknis dengan akun Sistem Informasi Manajemen Diklat, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencoba me-restart perangkat Anda atau membersihkan cache browser. Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat menghubungi administrator sistem untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Bimbingan teknis pada Si-Informan Berdasi adalah pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada koperasi dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan tentang beberapa konteks operasional, manajerial dan lainnya dalam menjalankan koperasi.

Narasumber pada Bimbingan Teknis meliputi:

  • Akademisi perguruan tinggi;
  • Pengurus koperasi yang sesuai dan berpengalaman mengajar;
  • Lembaga pendukung ekonomi local/asosiasi;
  • Instansi Terkait; atau
  • Praktisi

Anda harus melakukan pendaftaran akun pada menu login, ikuti alur pendaftaran dan tunggu akun Anda diverifikasi oleh Admin. Layanan pendaftaran bimbingan teknis akan tersedia jika akun Anda sudah diverifikasi. Selanjutnya Anda tinggal memilih bimbingan teknis yang ingin Anda ikuti sesuai jadwal pembukaan pendaftaran yang tertera.